Sunday, January 4, 2009

Malang Corruption Watch (MCW)

Bagi warga Malang, terutama Kota Malang dan Kota Batu, dan terutama lagi para aktivis, mungkin tidak asing lagi lembaga yang bernama Malang Corruption Watch (MCW). ini karena lembaga ini adalah salah satu Organisasi Non Pemerintah (Ornop) yang, untuk beberapa tahun ini cukup intens publikasinya.

Lembaga ini dipimpin oleh mas Luthfi Jayadi Kurniawan, atau teman-teman biasa menyebutnya dengan "LJK" (Eljeka). LJK sudah memimpin lembaga ini sejak berdiri, yaitu tanggal 31 Mei tahun 2000 M. Jabatan resmi LJK adalah Koordinator Badan Pekerja MCW.


Saya punya kenangan pribadi dengan LJK, salah satunya ketika saya dan teman-teman membuat kelompok diskusi. LJK-lah yang turut berkontribusi besar atas terbentuknya kelompok ini. Selain itu, dia menyediakan tempat bagi kelompok diskusi tersebut, yaitu di rumahnya. Bukan hanya itu. Dia juga menyediakan fasilitas logistik kalau lagi ada diskusi.

LJK sering sekali mengatakan kalau akan ada regenerasi di MCW. Yang dipersiapkan untuk menduduki posisi Koordinator Badan Pekerja sesudahnya adalah teman saya yang bernama Ikhwan Fachrojih, SH. Pada saat itu posisi Ikhwan adalah Wakil Koordinator Badan Pekerja.

Karena pergantian tidak juga terjadi, dan juga ada hal-hal lain, Ikhwan mengundurkan diri dari kepengurusan MCW. Dan sekarang dia menjadi salah satu staff di Komisi Hukum Nasional (KHN).

Sekarang sudah terjadi pergantian kepemimpian di MCW. Sdr. Ziaul Hak yang sebelumnya duduk sebagai Kepala Divisi Advokasi mewarisi kepemimpinan LJK.

Tapi, sampai tulisan ini dibuat, kalau kita mengunjungi situs MCW, kita akan menemukan kalau Koordinator Badan Pekerja masih diisi oleh LJK. Saya ngak tahu apakah ini disengaja atau tidak ada unsur kesengajaan dalam hal ini.

Artikel Terkait:

Masukkan Email Untuk Berlangganan

0 komentar:

Post a Comment

Berikan Komentar Anda! Saya Akan Sangat Senang Bila Anda Melakukannya. Tapi Ingat!!! Komentar Yang Membangun ya?. Trims.