Monday, August 17, 2009

Indonesia 1850 - 2009

Hari ini bangsa Indonesia merayakan kemerdekaan Negara Republik Indonesia yang ke-64. Makanya saya pasang pasang logo 64 tahun kemerdekaan Republik indonesia di awal postingan ini. Tapi terus terang pikiran saya kurang merdeka pagi ini. Pagi-pagi otak sudah buntu. Mencari ide untuk postingan tapi tidak juga dapat. Akhirnya kuputuskan untuk mengunjungi wikipedia, ensiklopedia di dunia maya yang menjadi andalan untuk mencari referensi.

Saya langsung memasukkan kata kunci "kemerdekaan Indonesia" ke dalam kotak pencarian wikipedia. Dalam sekejap informasi tentang indonesia dan kemedekaan indonesia tersaji di layar monitor. Saya kemudian memilih tema "sejarah nama Indonesia" sebagai "menu" utama.


Singkat cerita, ternyata kata "Indonesia" pertama kali digunakan pada tahun 1850. Ini menggantikan sebutan "Hindia-Belanda" yang sebelumnya digunakan oleh orang-orang Belanda. Juga menggantikan sebutan "Dwipantara" yang digunakan oleh bangsa India. atau juga menggantikan sebutan "Jaza'ir Al-Jawi" yang digunakan oleh bangsa Arab.

Kata Indonesia pertama kali digunakan oleh James Richardson Logan dalam jurnalnya Journal of the Indian Archipelago and Eastern Asia (JIAEA). Dalam Dalam JIAEA Volume IV tahun 1850, halaman 252-347, Logan menggunakan kata "Indonesia" untuk menggantikan "Hindia-Belanda". Kata ini diunakan lebih untuk kepentingan etnografi dan geografi.

Orang Indonesia yang pertama kali menggunakan kata "Indonesia" adalah Suwardi Suryaningrat, atau yang lebih dikenal dengan Ki Hajar Dewantara. Pada tahun 1913 dia mendirikan sebuah biro pers dengan nama Indonesische Pers-bureau.

Muhammad Hatta adalah orang pertama yang menggunakan kata Indonesia untuk kepentingan politik kemerdekaan. Pada tahun 1922, dalam majalah Hindia Poetra, berganti nama menjadi Indonesia Merdeka, Bung Hatta mengatakan:

"Negara Indonesia Merdeka yang akan datang (de toekomstige vrije Indonesische staat) mustahil disebut "Hindia Belanda". Juga tidak "Hindia" saja, sebab dapat menimbulkan kekeliruan dengan India yang asli. Bagi kami nama Indonesia menyatakan suatu tujuan politik (een politiek doel), karena melambangkan dan mencita-citakan suatu tanah air di masa depan, dan untuk mewujudkannya tiap orang Indonesia (Indonesier) akan berusaha dengan segala tenaga dan kemampuannya."


159 dan 64 tahun

Maka kalu kita berbicara umur istilah Indonesia adalah 159 tahun. Sedang untuk Negara Republik Indonesia sendiri berusia 64 tahun. Soekarno dan Hatta memproklamirkan kemerdekaan bangsa Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Tanggal itu jugalah yang menandakan berdirinya negara baru, Republik Indonesia.

Dan akhirnya Coretan Imtihan mengucapkan: DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE-64, JAYALAH BANGSAKU, JAYALAH NEGERIKU!!!


Teks Proklamasi



Googlepun ikut memeriahkan Proklamasi





Artikel Terkait:

Masukkan Email Untuk Berlangganan

0 komentar:

Post a Comment

Berikan Komentar Anda! Saya Akan Sangat Senang Bila Anda Melakukannya. Tapi Ingat!!! Komentar Yang Membangun ya?. Trims.