Wednesday, October 21, 2009

Mengembalikan Jati Diri Bangsa (2)

Beberapa saat yang lalu aku memposting tulisan dengan judul: Mengembalikan Jati Diri Bangsa. Tulisan tersebut terkesan dibuat sekenanya. Maka postingan tersebut aku kategorikan dalam "Asal Coret". Setelah mengunjungi situs BeritaJitu.com, saya ingin membuat postingan yang sedikit lebih serius. Saya ingin menuturkan pengalamanku ketika berwisata ke Pulau Sempu pada tanggal 17 Agusutus lalu.

Karena bercerita tentang wisata, maka nanti aku akan mengunggah juga beberapa foto dari perjalanan tersebut. Foto tersebut diambil dengan kamera yang pas-pasan dan dengan fotografer amatiran pula. Tapi ku kira hasilnya cukup memuaskan.

Indahnya Pulau Sempu
Beberapa hari sebelum Ulang tahun kemerdekaan RI k-64 teman-temanku, tepatnya pengurus HMI Koms. Agama Islam UMM menghubungi dan menawariku untuk ikut berwisata ke Pulau Sempu. Aku tidak mengiyakan ajakan itu. Tapi pas tanggal 17 Agusutus pagi, salah seorang teman datang dan mengatakan butuh teman untuk berangkat ke Pulau Sempu. Ia memang tertinggal. Teman-teman yang lain sudah berangkat duluan kemarin, yaitu pada tanggal 16 Agusutus.

Akupun akhirnya berangkat dengannya dengan mengendarai motor. Sempat terjebak kemacetan perayaan Agustusan. Ban sepeda yang kami naiki juga sempat bocor. Akhirnya setelah menempuh perjalan sekitar 3 jam kami sampai di Sendang Biru. Dari situlah nanti kami menyeberang ke Pulau Sempu.

Pulau Sempu adalah pulau kecil yang terletak di laut selatan, dan termasuk wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur. Saat ini Sempu merupakan kawasan cagar alam yang dilindungi oleh pemerintah. Secara geografis, Pulau Sempu terletak diantara 112° 40′ 45″ - 112° 42′ 45″ bujur timur dan 8° 27′ 24″ - 8° 24′ 54″ lintang selatan. Pulau itu memiliki luas sekitar 877 hektar, berbatasan dengan Selat Sempu (Sendang Biru) dan dikepung Samudera Hindia di sisi selatan, Timur dan Barat.

Setelah menyeberang dan tiba di Sempu, kami menempuh perjalanan melintasi hutan. Setelah menempuh perjalanan sekitar 1 jam, kami sampai di Segoro Anakan. Segoro Anakan adalah danau yang terletak dipinggir pulau bagian selatan. Antara Segoro Anakan dan laut selatan dipisahkan oleh batu karang. Di tengah-tengah karang tadi terdapat lobang yang mana akan menyeburkan ombak dari laut selatan. Di salah satu sisi Segoro Anakan terdapat pantai pasir putih yang bisa dipakai untuk berkemah.

Intinya, pemandangan di situ begitu indah. Dan Sempu adalah merupakan bukti keindahan dan keajaiban Indonesia. Kenapa banyak yang mengagumi keindahan negara lain, padahal Indonesia adalah negeri yang begitu indah. Dan keindahan itu ada di mana-mana, salah satunya adalah di Sempu.

Mau tahu lebih lanjut tentang keindahan Sempu??? Silahkan datang dan nikmati keindahannya!!!



Artikel Terkait:

Masukkan Email Untuk Berlangganan

0 komentar:

Post a Comment

Berikan Komentar Anda! Saya Akan Sangat Senang Bila Anda Melakukannya. Tapi Ingat!!! Komentar Yang Membangun ya?. Trims.