Thursday, January 29, 2009

Menciptakan Organisator-Organisator Handal

Generasi sebelum kita sudah banyak sekali berjasa kepada kita. Kita sudah menjadi bangsa dan negara yang merdeka. Setelah bangsa ini berada dalam penguasaan dan jajahan bangsa asing dalam waktu yang sangat lama, sekitar 350 tahun atau tiga setengah abad, bangsa ini akhirnya memproklamirkan kemerdekaanya pada tanggal 17 Agustus 1945. Proklamasi kemerdekaan tidak menghentikan bangsa lain untuk menginginkan penguasaan terhadap negeri kaya akan sumber daya alam ini. Para pendiri bangsapun dihadapkan pada perjuangan mempertahankan kemerdekaan.

Sebelumnya kita adalah bangsa yang terpecah-pecah dalam banyak kerajaan. Memang pernah ada satu kerajaan besar yang menyatukan daerah yang luas di kepulauan nusantara. Tapi itu tidak bertahan lama. Kerajaan ini akhirnya merosot beserta kekuasaan dan pengaruhnya.


Tapi para pendiri bangsa tetaplah manusia biasa. Mereka bukanlah dewa yang hidup abadi. Merekapun satu per satu meninggalkan kita. Dan akhirnya kitalah yang memikul tanggup jawab yang dulunya diemban oleh para pendiri bangsa. Para generasi muda harus menggantikan generasi yang lebih tua. Itulah hukum yang berlaku dalam hidup ini.

Tugas generasi Muda
Sebagai generasi muda kita dituntut untuk selalu mengembangkan diri agar kita nantinya mampu mengemban amanah dalam mengembangkan dan memajukan negeri ini. Kita harus mampu menjadikan negara kita menjadi salah satu negara yang disegani oleh bangsa dan negara lain. Mengutib salah satu iklan, “Kita harus menjadi bangsa yang lebih punya taste!”

Setiap generasi tentunya mempunyai tantangan yang berbeda pula. Tantangan generasi Soekarno-Hatta tentunya berbeda dengan tantangan generasi Amin rais-Megawati-Gus Dur. Begitu juga dengan tantangan yang akan dihadapi oleh generasi kita tentunya berbeda dengan tantangan generasi Soekarno-Hatta dan geberasi Amin Rais-Megawati-Gus Dur. Oleh karena itu kita harus mengembangkan diri kita sesuai dengan tuntutan generasi kita.

Kemampuan Mengorganisir dan Strategi-Taktik
Selain kita mempunyai pengetahuan dan kemampuan sesuai dengan bidang yang kita tekuni, kita juda dituntut untuk mempunyai kemampuan yang lebih umum, yaitu kemampuan dalam mengorganisir. Selain kemampuan spesialis, kita juga harus mempunyai kemampuan generalis.

Manusia adalah makhluk sosial. Itu adalah hal yang tidak terbantahkan. Setiap individu pasti hidup berdampinandengan individu lainnya. Kemudian setiap individu mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Interaksi antara individu dengan individu lainnya akhirnya mampu menciptakan hubungan yang saling menguntungkan. Mereka akan saling melengkapi. Kekurangan masing-masing individu akan tertutupi oleh kelebihan individu-individu lainnya.

Tapi individu-individu yang tergabung dalam masyarakat haruslah menjadi kekuatan. Kita bisa melihat orang-orang yang ada di pasar sebagai contoh. Pasar merupakan tempat bagi bertemunya banyak individu. Tapi ketika ada yang berteriak “tsunami, tsunami!” misalnya. Mereka akan lari semburat untuk menyelamatkan diri masing-masing. Itu terjadi karena mereka hanyalah kerumunan individu-individu.

Kita membutuhkan lebih dari sekedar kerumununan. Kita membutuhkan masyarakat yang terorganisir dengan baik. Masyarakat yang terorganir akan mampu menyelesaikan persoalan dari pada masyarakat yang tidak terorgansir. Bahkan, kejahatan yang terorganisir akan mampu mengalahkan kebaikan yang tidak terorganisir.

Sebuah tim sepak bola yang dihuni oleh pemain-pemain kelas dunia tidak secara otomatis menjadi tim yang hebat. Pemain-pemain hebat yang tidak bisa bekerja sama dengan tim justru akan merusak tim. Pemain-pemain hebat tersebut membutuhkan kerja sama yang baik untuk mejadikan tim mereka tim hebat.

Untuk itu, kita harus mengembangkan kemampuan kita dalam mengorganisir. Dengan begitu kita akan lebih baik dalam memajukan masyarakat kita.

Agar kita mampu meningkatkan kemampuan beroranisasi kita dan akhirnya kita menjadi organisator yang handal, kita harus aktif di sebuah organisasi, usahakan yang sudah menjadi organisasi moderen. Ingat! Aktif. Bukan sekedar menjadi anggota. Kalu perlu, kita harus menjadi pucuk pimpinannya.

Terus, apa hubungannya dengan strategi dan taktik atau stratak? Kembali ke analogi tim sepak bola. Sebuah tim sepak bola, selain membutuhkan pemain-pemain hebat dan kerja sama tim, mereka juga membutuhkan strategi dan taktik yang handal.

Bagaimana Denganku?
Saya pernah aktif di salah satu organisasi mahasiswa. Pengalaman saya di organisasi tersebut adalah bahwa saya pernah menjadi Ketua Umum organisisi di tingkat fakultas, kemudian menjadi salah satu ketua di tingkat universitas, dan terkhir menjadi salah satu pengurus harian di tingkat cabang.

Sekarang saya dan teman-teman sedang dalam proses mendirikan salah satu cabang dari organisasi kepemudaan. Semoga saja prosesnya tidak berlangsung lama dan berlarut-larut.

Selain itu, pengalaman saya di organisasi ingin saya bagi kepada teman-teman dan adik-adik saya. Dan agar hal tersebut lebih bisa berjalan dengan baik, saya berencana mendirikan lembaga yang bergerak di wilayah training untuk meningkatkan kemampuan berorganisasi. Lembaga ini akan memberikan jasa training bagi organisasi-organisasi siswa dan mahasiswa.

Saya ingin membantu dalam terciptanya organisator-organisator handal yang akan mempu memajukan negeri kita ini dan menjadikannya nomor satu di dunia!

Artikel Terkait:

Masukkan Email Untuk Berlangganan

27 komentar:

ireng_ajah said...

Sayang banget...

aku gak suka berorganisasi..

Btw,info yang menarik

Thanks ya.. :-)


info uang gratis

http://moneylocker.blogspot.com

Game_Lover said...

Kalo aku ga pernah ikut organisasi,,,

ngabisin waktu ja

Tapi inspirasinya keren juga, seep deh tuk postingannya

Armand said...

Thanks banget nih infonya..
Saya paling suka yang namanya Berorganisasi..
Sebab dengan Berorganisasi kita bisa memiliki keterampilan yang berbeda di bandingkan dengan mereka yang jarang mengikuti Organisasi.

Maria Ozawa said...

Arigatou!

tikno said...

Seorang organisator yang ulung juga tidak terlepas dari talenta yang dia miliki.

muhamaze said...

ikut organisasi pasti banyak manfaatnya..

salam kenal yoo

torik said...

organisasi bisa membuat kita dewasa... di situ banyak pelajaran yang kita bisa ambil

RCO said...

Saya percaya "Kita Bisa"

infojob said...

selamat berorganisasi !

vOe said...

Org pendiem seperti saya, tatut dg yg namanya makhluk organisasi he2.............btw bgs postingannya...

ayuzuricha said...

wah bener nih mas, organisator membuat kita banyak mengenal karakter orang dan jadi banyak pengalaman di luar deh,asal yang positif selalu .... yukz .... :)

ayuzuricha said...

nambah deh kelupaan :P :P organisator membuat kita belajar retorika, pinter ngomong dan pinter nulis, dan.... pinter bersosial sip dah ;)

Eazy Izzuddin said...

hey..
selamat berorganisasi..
xD

IHSAN said...

waw memang harus diakui kalau bayaknya orang yang tidak terorganisir dengan baik akan kalah dengan orang sedikit tapi terorganisir dengan baik

subagya said...

mantab nigh kalau sudah bisa menjadi organisator tentunya bisa juga jadi negosiator dong

liza said...

yup,..setuju bgt...dengan organisasi kita lebih mudah berinteraksi dengan banyak orang...ngga mumet lagi kalo udah kerjaa

tomi said...

Info yang bagus... keren juga :D

sigid nugroho said...

numpang lewat salam kenal

tito said...

bagus :), smoga dgn ber-organisasi mampu menghasilkan calon pemimpin2 yang jujur, adil, amanah.. dst :)

def@mathholic said...

hidup organisasi...

...have fun

madu all-nahl said...

karena organisasi...aku mungkin bisa jd aktivis, penulis, dll....tp kalo jadi penjual madu, nyambung gak ya ma organisasi...hehehe

Regie blog's said...

siang..
bagus x info organisasinya...dulu zaman masih SKlh sya paling aktif ikut organisasi,,tp sayang sekarng,,,,
malas untuk gabung lagi...
organisasi hanya kedok untuk untk keuntungan individu aja....

Anonymous said...

reni.....
anda benar. orang yang suka berorgganisasi beisa kelihatan beda saat bergaul mo pun saat berkomunikasi. lebih tepatnya selalu bisa menempatkan diri.
ayo kita berorganisasi!!!!!!!!!!

NYoMaN said...

yang penting tetap semangat pantang menyerah :)

kangmusa said...

assalamualaikum,
sudah lama saya tidak berkunjung ke blog Anda
ternyata postingan demi postingan semakin menarik saja
saya merasa sangat ketinggalan tidak mengikuti update postingan Anda :)
semoga kunjungan saya kali ini kembali mempererat silaturahmi
ohya, sekedar mengingatkan, banyak postingan baru di blog saya
saya tunggu komentar Anda di kangmusa.com
terima kasih banyak atas postingan yang bermanfaat ini
wassalam

kangmusa

imajinasi said...

Bagus gan, hanya segelintir orang tau akan pentingnya organisasi. Sisanya ikut2an n sisanya lagi acuh. ane dukung sekali kalau ada organisasi yang memberikan training untuk pengetahuan tentang berorganisasi.

Obat Solusi wanita said...

thanks for sharing
082210743003 / 2BF0841D
jual obat penggugur kandungan
agen obat telat bulan
jual obat telat bulan
obat aborsi
obat telat bulan
obat telat bulan manjur
obat aborsi manjur
obat terlambat bulan
obat telat datang bulan terbaik
obat terlambat datang bulan
obat cytotec
agen obat aborsi ampuh
obat penggugur
obat penggugur kandungan
toko obat aborsi
agen obat cytotec
toko obat telat datang bulan
cytotec asli
aborsi ampuh
obat telat bulan cytotec
obat telat datang bulan
jual obat telat datang bulan manjur
agen cytotec
obat terlambat datang bulan

PERANGSANG WANITA POTENZOL

OBAT PERANGSANG WANITA TERMANJUR
POTENZOL CAIR
JUAL OBAT PERANGSANG WANITA
PERANGSANG WANITA POTENZOL
POTENZOL
POTENZOL obat perangsang
PERANGSANG WANITA
PERANGSANG CAIR
POTENZOL ASLI
AGEN POTENZOL
PERANGSANG WANITA
PERANGSANG POTENZOL
OBAT PERANGSANG WANITA

Post a Comment

Berikan Komentar Anda! Saya Akan Sangat Senang Bila Anda Melakukannya. Tapi Ingat!!! Komentar Yang Membangun ya?. Trims.