Thursday, December 26, 2019

Man Shobaro Dzofiro

Setelah sebelumnya membahas tentang ma jadda wajada, terutama dikaitkan dengan novel Negeri Lima Menara, kali ini akan kita bahas kata bijak atau kata mutiara yang lain, yaitu: Man Shobaro Dzofiro (مَنْ صَبَرَ ظَفِرَ). Secara leterlek ungkapan man shobaro dzofiro bisa diterjemahkan dengan "barang siapa yang sabar akan beruntung."

Untuk melakukan suatu pekerjaan apalagi untuk jangka waktu yang panjang pasti dibutuhkan kesabaran dalam menjalaninya. Orang yang tidak sabar dalam bersekolah pasti akan putus sekolah. Karena seseorang yang bersekolah atau belajar biasanya akan dihadapkan pada pelajaran yang harus dipelajari secara bertahap. Pelajaran bertahap yang dimulai dari dasar baru kepada hal-hal yang lebih sulit dan kompleks ini bertujuan agar siswa mengetahui dasar dan kokoh dalam pelajaran tersebut. Orang yang belajar ilmu bela diri akan dimulai dengan teknik kuda-kuda. Teknik ini bisa memakan waktu yang sangat lama. bagi yang tidak sabar akan langsung ingin belajar bertarung atau berkelahi.



Ketika belajar sepak bola anak-anak akan dididik secara fisik, kemudian diajari teknik-teknis dasar dalam bermain, teknik-teknik dasar dalam bekerjasama. Itu semua dapat memakan waktu yang lama. Murid klub sepakbola bisa jadi sudah mulai belajar dari umur 12 tahun tapi baru bisa menjadi pemain profesional ketika mendekati usia 20 tahun. Artinya butuh waktu 8 tahun menjadi profesional. Itu pun ketika sudah menjadi pemain profesional tetap selalu berlatih dan mengasah teknik-teknik bermainnya.

Baca juga: Ikhtiyar dan Doa

Kalau dihubungkan dengan kata bijak man jadda wajada yang berarti barangsiapa yang bersungguh-sungguh maka akan berhasil, maka kesungguhan tersebut juga dibutuhkan kesabaran. Seorang anak yang belajar sepak bola dibutuhkan kesungguhan ketika belajar dan juga kesabaran, sabar berlatih fisik dan sabar melatih teknik-teknik bermain.

Artikel Terkait:

Masukkan Email Untuk Berlangganan

0 komentar:

Post a Comment

Berikan Komentar Anda! Saya Akan Sangat Senang Bila Anda Melakukannya. Tapi Ingat!!! Komentar Yang Membangun ya?. Trims.