Thursday, July 22, 2010

Notasi Gerakan Dalam Kubus Rubik 3x3x3

Dalam rubik kita akan mengenal beberapa notasi gerak/putaran yang berfungsi sebagai panduan dalam menyelesaikan sebuah rubik. Begitu juga dalam menyelesaikan kubus rubik 3x3x3. Dalam menyelesaikan kubus rubik 3x3x3 kita akan mengenal notasi putaran tunggal, notasi putaran ganda, notasi putaran iris, dan notasi rotasi.

Tutorial penyelesaikan rubik untuk pemula hanya memakai notasi putaran tunggal. Maka dari itu disini hanya akan mengenalkan notasi tersebut.



Di bawah ini adalah Daftar Putaran Tunggal Rubik 3x3x3:












Keterangan gambar: gambar Rubik Warna Hitam-Putih serta Arah Panah menunjukkan Arah Gerak. Sedangkan gambar Rubik Berwarna menunjukkan pada Hasil Gerakan.


Secara umum notasi-notasi di atas di bagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama yaitu: F, B, R, L, U, D yang gerakannya adalah searah jarum jam. F, berarti gerakan Front atau depan searah jarum jam. Kelompok kedua adalah: F', B', R', L', U', dan D' yang gerakannya adalah berlawanan dengan arah jarum jam.

Untuk mendapatkan notasi-notasi di atas kita harus meletakkan rubik di depan kita.

Sumber: Wicaksono Adi (2009: 13-15), Tip dan Trik Jago Main Rubik, Gradien Mediatama, Yogyakarta

Artikel Terkait:

Masukkan Email Untuk Berlangganan

1 komentar:

Toko Rubik - Jual Rubik - Beli Rubik Online said...

hello bro, untuk notasi nya masih ada yang kurang seperti rotasi y , x dan z, lalu slice turns seperti M, S dan E. semoga membantu :)

Toko Rubik Jo Cubes – Jual Rubik Speedcubes | Beli Rubik Online

Post a Comment

Berikan Komentar Anda! Saya Akan Sangat Senang Bila Anda Melakukannya. Tapi Ingat!!! Komentar Yang Membangun ya?. Trims.