Wednesday, November 24, 2010

Cara Menyelesaikan Rubik 3x3x3: Langkah Ketiga

Sudah berhasil menguasai langkah kedua dengan baik? Kalau sudah maka kita akan melangkah menuju Langkah Ketiga dalam Cara Menyelesaikan Rubik 3x3x: Menyelesaikan Lapis Kedua. Anda mungkin masih ingat dengan baik gambar dari tujuan langkah ini. Tapi saya kira ada baiknya untuk menampilkan kembali gambar tersebut.

Tutorial Menyeleaikan Rubik's Cube

Perhatikan kembali dengan seksama gambar di atas.


Kalau kita perhatikan gambar di atas maka kita akan dengan segera memahami bahwa menyelesaikan lapis kedua adalah dengan jalan mengirim empat buah Edge: Hijau-Merah, Merah-Orange, Orange-Biru, dan Biru-Merah berada pada tempat mereka yang seharusnya. Dengan begitu kita harus mengabaikan Edge Kuning, karena Edge tersebut tempatnya berda di lapis terakhir yang akan diselesaikan kemudian.

Selama menyelesaikan lapis kedua kita harus selalu menempatkan Center Kuning berada di Atas, dan Center Putih selalu berada di bawah. Kalau Anda menyelesaikan langkah kedua dengan cara menempatkan Center Kuning di bagian atas maka Anda langsung bisa menyelesaikan lapis kedua dengan posisi tersebut. Tapi bagi yang menyelesaikan langkah kedua dengan posisi Center putih berada di bagian atas, maka putarlah rubik Anda sehingga Center putih berada di bawah dan Center Kuning berada di atas, dan setelah itu mulailah menyelesaikan langkah ketiga.

Tutorial Menyeleaikan Rubik's Cube

Gambar di atas menunjukkan bahwa kita harus memasukkan Edge Hijau-Merah ke posisi Edge Kanan-Depan. Atau dengan kata lain kita harus memindahkannya ke bagian Kanan. Seringkali kita tidak langsung mendapatkan kondisi seperti di atas. Untuk itu kita perlu melakukan gerakan U atau U' atau U2/U'2.

Ketika sudah menemukan kondisi seperti kondisi di atas maka lakukanlah algoritama: U R U' R' (U' F' U F), maka hasilkan akan seperti gambar di bawah:

Tutorial Menyeleaikan Rubik's Cube

Kasus di atas kita dapatkan ketika Stiker Hijau dalam Edge Hijau-Merah berada di atas sedangkan Stiker Merahnya merada di bagian depan/belakang/kanan/kiri (yang kalau setelah kita lakukan gerakan U/U'/U2/U'2 akan berada di depan ). Bagaimana yang terjadi adalah sebaliknya, yaitu Stiker Merah berada di atas sedang Stiker Hijau berada di depan? Maka berarti kita harus memindah Edge Hijau-Merah ke Depan-Kiri, atau dengan kata lain kita harus memindahkannya ke sebelah Kiri.

Tutorial Menyeleaikan Rubik's Cube

Untuk menyeleaikan kasus di atas kita gunakan algoritma: U' L' U L (U F U' F'). Kalau menerapkan algoritma ini, maka Anda akan segera sadar bahwa sebenarnya algoritma ini tidak jauh berbeda dengan algoritma untuk memindah Edge ke bagian kanan.

Latihlah diri Anda untuk menguasai dua algoritma di atas dengan cara melihat algoritma dan rubik. Setelah itu lakukan algoritma di atas dengan hanya melihat rubik tanpa melihat algoritma. Setelah itu lakukanlah kedua algoritma tanpa melihat rubik. Kalau Anda sudah bisa melakukan kedua algoritma di atas tanpa melihat catatan algortima dan tanpa melihat rubik, berarti Anda telah betul-betul menguasai keduanya.

Setelah Anda menempatkan Edge Hijau-Merah pada tempatnya, maka carilah ketiga Edge yang lain: Merah-Orange, Orange-Biru, dan Biru-Merah, dan lakukanlah satu di antara dua algoritma di atas.

Bagaimana kalau ada Edge dari keempat Edge di atas sudah berada di posisinya tapi warna stikernya terbalik, misalnya Stiker warna Merah dalam Edge Hijau-Merah berada di Stiker warna Hijau? Kalau Anda menemukan kondisi tersebut maka lakukanlah satu di antara dua algoritma di atas (sesuai dengan letak Edge tadi, di kiri atau di kanan) untuk mengeluarkan Edge yang terbalik tadi dan setelah baru memasukkan kembali Edge tadi ke pisisinya yang seharusnya.

Tutorial Menyeleaikan Rubik's Cube

Selamat, Anda telah menguasai langkah ketiga dari tujuh langkah menyelesaikan Rubik 3x3x3!


Artikel Terkait:

Masukkan Email Untuk Berlangganan

1 komentar:

divx torrents said...

If they look at the picture above then we would readily understand that completing the second layer is by way of sending four Edge: Green-Red, Red-Orange, Orange, Blue, Red and Blue are in place they should be. By doing so we must ignore the Yellow Edge, as Edge is the place arriving at the final layer which will be completed later.

Post a Comment

Berikan Komentar Anda! Saya Akan Sangat Senang Bila Anda Melakukannya. Tapi Ingat!!! Komentar Yang Membangun ya?. Trims.