Thursday, October 1, 2009

Semoga Cobaan Mencerdaskan Kita

Bencana kembali datang. Rabo, 30 September 2009, pukul 17.00 WIB gempa mengguncang pulau Sumatra. Gempa kali diperkirakan berkekuatan 7,6 sekala richter (SR). Pusat gempa itu berada di laut sekitar 57 km ba­rat daya Pariaman, Sumatera Barat. Ribuan rumah di­perkirakan rusak parah (JawaposKamis, 01 Oktober 2009). Dikatakan bahwa gempa kali ini lebih parah dari pada yang terjadi di Jogja 27 Mei 2006 (Kompas, Kamis, 1 Oktober 2009).

Rentetan gempa bumi selalu melanda negeri ini. Belum lama ini terjadi gempa di pulau Jawa. Pada tanggal 2 September lalu gempa berkekuatan 7,3 SR menggoyang Jawa Barat. Artinya dalam sebulan terjadi dua kali gempa berkekuatan besar. Iklan tentang penyaluran dana bantuan untuk gempa Jawa Barat masih terpampang di media massa.


Pada 27 Mei 2006 gempa menggoncang DI Jogjakarta dan Jawa Tengah. Dan tentu yang paling dahsyat adalah gempa yang disertai tsunami yang terjadi di Aceh dan Pulau Nias pada 26 Desember 204. Peristiwa-peristiwa gempa bumi di atas hanyalah peristiwa gempa bumi yang dianggap mempunyai dampak kerusakan yang besar. Sedang yang tidak menimbulkan kerusakan besar lebih banyak lagi.

Ketika terjadi gempa dan tsunami di Aceh dan Nias, kita masih berdebat tentang peristiwa tersebut, bencanakah? ujiankah? atau adzabkah? Tapi sekarang perdebatan tersebut sudah dianggap "selesai".

Setelah merasa nyaman hidup di negeri yang maha indah dan dahsyat ini, kita baru sadar bahwa sebenarnya kita berada di Ring Fire. Bencana alam selalu mengancam kita setiap waktu.

Semoga apa yang kita alami justru membuat kita menjadi bangsa yang hebat dan cerdas. Paling tidak, hebat dan cerdas dalam mengantisipasi dan menanggulangi bencana yang selalu mengancam.

Artikel Terkait:

Masukkan Email Untuk Berlangganan

4 komentar:

Sri Dwiyatiherwuryani said...

bagus tuch, coretanimtihan.blogspot.com/2009/10/se
moga-cobaan-mencerdaskan-kita,html......tapii...
tolong dooonk,berikan the example smart solution
dalam antisipasi dan penanggulangan bencana selalu mengancam yang skiranya dapat direalisasikan....gitu loch...?! agar coretan is very good !!! complit !!! OK ?!

Just For Laugh said...

Iya neh skrng kok Indonesia jd sering gempa yah.... mudah2an ga ada lagi di masa yg akan datang.

cara cari uang said...

yupz semoga cobaan bisa membangun hati dan nurani bangsa ini yg sedang parah,,betapa banyak kerugian material dan psikis yg ditimbulkan karena bencana,,,semoga kita rakyat indonesia bisa mengambil hikmah dari cobaan berupa gempa di sumbar,,,dan juga saya mengucapkan bela sungkawa kepada korban dan keluarga korban yg terkena musibah semoga diberi ketabahan...

salam

fikri

Kristanna said...

parah...parah...asli parah nih para muqollidun PKS...apa aja topik diskusi disini ujung2nya menurut mereka utk menghantam PKS...

woiii...open ur eyes diskusi kita disini soal DPT...ga ada hubungannya ama PKS...apa skrg para muqollidun PKS udah jd jubir nya SBY semua???

Druckerpatronen

Post a Comment

Berikan Komentar Anda! Saya Akan Sangat Senang Bila Anda Melakukannya. Tapi Ingat!!! Komentar Yang Membangun ya?. Trims.