Tuesday, July 13, 2010

Memahami Kubus Rubik 3x3x3

Setelah sebelumnya saya membuat posting tentang "Bermain Rubik Ternyata Mengasyikkan", kali saya ingin sedikit memberikan penjelasan tentang Kubus Rubik 3x3x3, Rubik yang paling banyak dimainkan orang. Paling tidak demikian menurut saya.

"Knowledge is Power", demikian kata Francis Bacon (1561-1626). Dengan mengenal dan mengetahu sesuatu maka kita bisa menguasai sesuatu tersebut. Hal tersebut juga berlaku dalam permainan Rubik. Untuk bisa menyelesaikan puzzle yang satu ini kita terlebih dahulu dituntut untuk mengenal dan memahaminya.


Kubus Rubik 3x3x3 mempunyai enam sisi. Dalam kondisi terselesaikan masing-masing sisi mempunyai enam warna yang berbeda, yaitu PUTIH, KUNING, MERAH, ORANGE, BIRU, dan HIJAU. Memang tidak semua kubus rubik 3x3x3 mempunyai tersusun dari warna-warna di atas. Sebagian rubik ada yang mengganti warna PUTIH-nya dengan warna HITAM. Tapi kebanyakan rubik memakai warna-warna di atas, karena warna-warna di atas merupakan warna-warna yang dipakai oleh rubik yang dikeluarkan oleh World Cube Association (WCA).

Kotak-kotak yang menyusun Kubus Rubik 3x3x3 sebanyak 26 buah. Keduapuluh-enam kotak tersebut terbagi dalam tiga jenis, yaitu: CORNER, EDGE, dan CENTER.

Kotak Corner

Kotak Corner mempunyai tiga warna. Jumlah kotak ini adalah 8 (Delapan) buah kotak.

Kotak Edge

Kotak Edge mempunyai dua warna dan jumlahnya adalah 12 (Dua Belas) buah kotak.

Kotak Center

Kotak Center terdiri dari satu warna dan jumlahnya sebanyak 6 (Enam) buah kota. Kotak tengah tidak pernah berpindah dari tempatnya.


Warna PUTIH selalu berlawanan dengan warna KUNING
Warna MERAH selalu berlawanan dengan warna ORANGE
Warna BIRU selalu berlawanan dengan warna HIJAU


Masing jenis kotak hanya bertukar tempat dengan jenis yang sama. Coner hanya bertukar tempat dengan Corner. Demikian juga dengan Edge, ia hanya bertukar tempat dengan Edge yang lain. Maka jangan sampai kita berpikir untuk menukar Corner dengan Edge, apalagi dengan Center.

Demikian penjelasan singkat tentang Kubus Rubik 3x3x3. Semoga penjelasan ini cukup menjelaskan. Dan jika Anda tertarik untuk mempelajari Rubik 3x3x3 dan belum bisa menyelesaikannya, saya siap untuk membuat posting-postingan lain yang berisi tentang Rubik. Terima kasih []

Sumber: http://www.youcandothecube.com

Artikel Terkait:

Masukkan Email Untuk Berlangganan

0 komentar:

Post a Comment

Berikan Komentar Anda! Saya Akan Sangat Senang Bila Anda Melakukannya. Tapi Ingat!!! Komentar Yang Membangun ya?. Trims.