Friday, June 18, 2010

Bermain Rubik Ternyata Mengasyikkan

Beberapa waktu yang lalu saya selalu melihat teman saya memegang rubik dan berusaha untuk menyelesaikannya. Ke warung makan ia bawa. Ketika berkunjung ke tempat teman ia juga membawa barang yang satu ini. Setahu saya, pada waktu itu, tanpa hari bagi dia tanpa membawa dan memainkan rubik.

Rubik merupakan sejenis teka-teki yang tersusun dari kota-kotak yang membentuk bidang tertentu, yang umumnya adalah kubus. Rubik ditemukan pertama kali oleh pemahat dan profesor arsitektur Hungaria, Ernő Rubik pada tahunn 1974.

Awalnya saya tidak tertarik dengan permainan ini. Sampai suatu ketika, ketika sedang menghabiskan waktu dengan menikmati secangkir kopi di sebuah warung kopi yang terletak di daerah Jetis, Dau, Kabupaten Malang, atau di sebelah barat kampus 3 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), saya iseng untuk minta diajari bermain rubik oleh teman tersebut.

Rubik yang selama ini dimainkan olehnya adalah rubik kubus 3x3x3. Ia menjelaskan prinsip-prinsip dalam rubik 3x3x3 dan memberikan langka-langkah untuk menyelesaikannya sehingga warna-warna yang ada dalam rubik 3x3x3,yaitu 6 warna (putih, kuning, merah, orange, biru, dan hijau), berada pada tempatnya. Dia menjelaskan kembali pelajaran rubiknya ketika kami ke kontrakan. Tapi terus terang saja waktu itu saya belum memahami apa yang ia ajarkan. Maklum, otak saya agak lemot, hehehehe....

Beberapa hari setelah itu, salah seorang teman saya sekontrakan membeli sebuah rubik 3x3x3. Maka saya berusaha memaikannya dengan mengingat-ingat apa yang telah diajarkan. Dalam beberapa hari saya hanya bisa menyelesaikan satu sisi rubik saja.

Karena tidak juga mampu menyelesaikan permainan, dan saja juga tidak ketemu lagi dengan teman yang telah mengajari permainan tersebut, saya berusaha Googling. Akhirnya saya sampai kepada Situs Rubik. Di dalamnya terdapat tutorial penyelesaian rubik, baik yang berbentuk video maupun yang berbentuk gambar.

Setelah mepelajari tutorial penyelesaian rubik, baik yang berbentuk gambar maupun video, saya akhirnya mampu menyelesaikan permainan tersebut.

Speedcubing dan Blindfolded

Ketika berkunjung ke Kota Pahlawan dan sedang jalan-jalan di salah satu pusat perbelanjaan, muncul keinginan untuk membeli sendiri rubik 3x3x3. Setelah mencari-mencari, akhirnya sampaialah saya ke toko buku Gramedia. Di sana dijual rubik yang original. Dan yang lebih menarik lagi, ada beberapa buku tutorial rubik. Sayapun menjatuhkan pilihan pada buku berjudul: "Tip dan Trik Jago Main Rubik" yang ditulis oleh Wicaksono Adi, seorang kuber Indonesia yang memegang rekor nomor 2 dunia untuk menyelesaikan Multiple Blindfolded, atau menyelesaikan rubik dengan mata tertutup.

Membaca buku membuat minat saya pada permainan rubik meningkat. Ini karena di buku ini diajarkan cara bermain rubik secara cepat, atau Speedcubing. Dan yang lebih istimewa lagi, disini diajarkan cara menyelesaikan rubik dengan mata tertutup, atau Blindfolded Solving.

Sampai saat ini kemampuan bermain rubik yang saya miliki masih standar untuk pemula. Semoga dalam waktu yang tidak lama saya bisa menguasai speedcubing dengan baik. Dan kalau perlu, saya bisa menguasai permaian rubik dengan mata tertutup, semoga.....

Artikel Terkait:

Masukkan Email Untuk Berlangganan

27 komentar:

act said...

dropin here .... and kick my ads please and i kick your ads too

arie... said...

wah. . . Info yg brmanfaat bro. . .

solusi berpromosi said...

Waaah dari dulu aku gak pernah bisa menyelesaikannya, akhirnya bosen sendiri. kutunggu postingan triknya mas.
Trim sharingnya, juga kunjungannya ke blogku http://muso9.com

Salam dari Surabaya
A Fauzi
solusi berpromosi

IT Programmer said...

saya pertama bermain rubik kira2 2 atau 3 bulan yg lalu..

saya belajar menyelesaikan rubik 3x3 dalam seminggu,,
kemudian 2 hari untuk masing-masing rubik 4x4 dan 5x5.. :)

bermain rubik memang menyenangkan.. :)

faijal said...

good info..

donygols said...

saya belum pernah bermain rubik.. jadi penasaran seberapa susahnya sih bermain rubik ini.. :)

Blog Bisnis Muklis said...

Semoga bisa jadi pemain rubik internasional juga sob, terimakasih atas kunjungannya, salam dasyat

speaker mini said...

Halo salam kenal.mau ajakin tukeran link nih.Link anda sudah saya pasang di http://speakermini.blogspot.com pasang link gw juga ya...

link : http://speakermini.blogspot.com
nama : Speaker Mini

makasih

Bunga Kristal said...

hmmm.... i like this!! rubik, mengingatkanku pada memori masa kecilq.. dl wkt msh kecil skitar umur 3 th, ibu ksh hadiah maenan rubik 3x3 gambar2 binatang... tp krn msh kecil, jd wkt tu cm bs otak atik tanpa trik hehe.. skrg pgn coba lg..!

iklan baris said...

Halo salam kenal.mau ajakin tukeran link nih.Link anda sudah saya pasang di http://1iklan-baris.blogspot.com/2010/06/tukeran-link.html

pasang link gw juga ya...

link : http://1iklan-baris.blogspot.com
nama : Iklan Baris

makasih

Admin said...

Terima kasih semua atas komentarnya........ Saya mohon maaf kepada yang ingin bertukar link dengan blog ini, sebab blog ini sudah banyak melakukan pertukaran link, jadi dengan alasan "kesehatan" blog ini, maka blog ini sudah tidak melayani lagi pertukaran link. Harap Maklum.......

Wibisono Arisan Blackberry said...

saya juga belum pernah mencoba cuma saya pernah mendengarnya. thx atas infonya, semoga bermanfaat untuk kita semua. saya tunggu kunjungan anda di website saya.thx

Beben said...

kalo gak beres² sob yg bikin mumet kepala...hsuahsuahushauh
mantap!!!

akhatam said...

Memang mungkin menyenangkan yang bisa main, kalo yang gak isa, ber pusing2 ria deh.. hehhee

wahyu said...

"Jadikan uang yg bekerja utk anda, bukan anda yg bekerja utk uang...."
MANDIRI INVESTA - Sebuah Program Bisnis Mandiri dan Investasi Terbaik dan Terpercaya di Indonesia. Solusinya Investasi HALAL berdasarkan dalil & fatwa Ulama. Hanya dengan modal investasi 1 X SEUMUR HIDUP, anda akan memiliki PASSIVE INCOME 20-50% SETIAP BULAN, SEUMUR HIDUP! tanpa harus mencari downline ataupun menjual produk! dapatkan juga GAJI TETAP BULANAN dan REWARD2 menarik lainnya!
keterangan lebih lengkap & mendaftar, klik >>> http://www.mandiriinvesta.com/?id=yusacw

cara menyelesaikan rubik said...

lagi cari rubik yg enak nih, merk apa ya?

Malang Cube Solver Community said...

Salam kenal dari Komunitas Rubik's Cube Regional Malang...


Kami selalu mengadakan gathering rutin tiap hari minggu di pujasera mamiyo.... jam 1 siang....

rezza hutama said...

rubiks-indonesia
nice blog friends , bermanfaat , keren deh hhe tapi sebaiknya gunakan video biar lebih mudah , ok de salam kenal ya

sofkhal muhamad said...

just wanna share...

Rumus Rubik 2x2x2 (solved)
Rumus Rubik 3x3x3 (solved)
Rumus Rubik 4x4x4 (solved)
Rumus Rubik 5x5x5 (solved)

klik http://sofkhalbestgift.blogspot.com

sofkhal muhamad said...

maaph ada yang mis

klik http://www.sofkhalbestgift.blogspot.com

hapelaris said...

kalo mo liat maen rubik dengan tanpa melihat silakan liat di
http://www.youtube.com/watch?v=jBKUHkTWr00 permainan itu di rekam dengan handphone mungkin bisa menyaingi deddy corbuzier x yah hehehe...

Anonymous said...

saya udah gampang banget nyelesaiin 2x2,3x3,4x4,5x5, trus kepengen nyobak rubik hati sama piramida gmana ya caranya, bisa kasi tw gak langkah2nya, meskipun gak detail, yang penting tau poin pengerjaannya saja, misalkan 3x3, langkah2nya palang, pojok, tepi layer2,dst, begitu bro...
emailku blue_devil2583@yahoo.com

Soleh said...

Saya juga sangat tertarik dengan rubik, rubik yang tidak pernah ketinggalan adalah rubik 3x3x3, Rubik yang lainnya lagi, 2x2x2, 4x4x4, 5x5x5, 7x7x7 saya pajang di rak buku.
Walo bukan anak-anak lagi, ane tetep suka, terutama rangkaian gerakan yang membuat suatu pola dan dilakukan dengan finger trick yang baik, terasa enak ditangan dan indah di liat.

nur said...

saya ada jual gantungan kunci rubik 3x3x3 harganya 2000 mungkin ada yang tertarik

Rubik said...

Tetap semangat para kuber!

Anonymous said...

kalau kamu mau beli rubik 3x3.klik link ini
http://www.amazon.com/gp/product/B00081RYNC?ie=UTF8&tag=dodimenlisart-20&linkCode=xm2&camp=1789&creativeASIN=B00081RYNC

Toko Rubik - Jual Rubik - Beli Rubik Online said...

Hello bro, apa kabarnya, semoga sehat selalu ya. Perkenalkan kami dari Jo Cubes dan kami sedang mengadakan kompetisi mini dimana bro hanya diminta untuk membuat satu artikel pendek mengenai Jo Cubes 350-500 kata serta membuat link ke website kami pada blog anda.

Contoh:

Jo Cubes adalah toko rubik online yang berlokasi di Jakarta Barat. Koleksi rubik & puzzles yang dijual di Jo Cubes termasuk lengkap. Menurut saya, harga-harga rubik & puzzle yang dijual sangat terjangkau oleh pelajar manapun karena tergolong murah. Dari segi material, komposisi plastik dan keawetan sticker nya terbilang bagus karena kualitas nya tinggi. Mengenai packaging dari paket Jo Cubes, sangatlah susah untuk dibuka karena Jo Cubes menggunakan bubble wrap yang sangat tebal untuk menjamin paket tahan benturan. Apabila kamu tertarik untuk membeli rubik di Jo Cubes , kamu bisa mengunjungi link di bawah ini:
Toko Rubik Jo Cubes – Jual Rubik Speedcubes | Beli Rubik Online
Bagi pemenang dengan tulisan yang paling menarik dan kreatif berhak memenangkan bingkisan Rubik yang menarik dari Jo Cubes.
Kami tunggu partisipasi nya. Terima kasih dan salam cubing.

Post a Comment

Berikan Komentar Anda! Saya Akan Sangat Senang Bila Anda Melakukannya. Tapi Ingat!!! Komentar Yang Membangun ya?. Trims.