Saturday, August 21, 2010

Cara Menyelesaikan Rubik 3x3x3: Langkah Pertama

Setelah sebelumnya membuat posting tentang Cara Menyelesaikan Rubik 3x3x3 Dalam Tujuh Langkah, kini saatnya saya membuat posting tentang langkah-langkah tersebut. Untuk setiap langkah akan dibuat satu postingan. Dan untuk kali ini akan diterangkan Langkah pertama dalam menyeleaikan rubik 3x3x3, yaitu Membuat Cross Putih.

Apakah kita harus memulai menyeleaikan rubik dengan membuat Corss Putih? Untuk warna putih memang tidak harus. Warna putih dipilih karena di saat kotak-kotak rubik masih teracak, begitu juga warnanya, maka warna putih adalah warna yang paling mudah ditemukan. Paling tidak itulah menurut pendapat dan pengalaman saya. Dan mungkin karena alasan itu jugalah kebanyakan tutorial menyelesaikan rubik dimulai dengan membuat Cross Putih.


Tujuan dari langkah ini, sebagaimana terlihat dari judulnya, adalah membuat cross putih, yaitu dengan cara meletakkan Edge Putih pada tempat yang tepat.

Tujuan dari langkah pertama menyelesaikan rubik 3x3x3

Tujuan dari Langkah Pertama


Langkah-langkah untuk membuat Cross putih adalah sebagai berikut:

  • Peganglah Rubik Anda dengan posisi Center Putih berada di atas (U) dan Center Merah di sisi depan (F)

  • Carilah Edge yang berwarna Putih-Merah dan letakkan di antara Center Putih (U) dan Center Merah (F)

  • langkah pertama menyelesaikan rubik 3x3x3

    Benar

    langkah pertama menyelesaikan rubik 3x3x3

    F U' R U

  • Kemungkinan Anda dihadapkan pada dua kemungkina. Kemungkina pertama adalah stiker putih menghadap ke atas sedang stiker merah menghadap ke depan, dan posisi ini sudah benar. Kemungkinan kedua adalah stiker merah menghadap ke atas sedang stiker putih justru menghadap ke depan. Kalau Anda menemukan kondisi ini lakukanlah algoritma F U' R U maka stiker putih akan menghadap ke atas.

  • Putarlah rubik sehingga Center Biru ada di depan lalu carilah Edge Putih-Biru, selanjutnya lakukanlah cara di atas, maka hal tersebut tidak akan merubah Edge Putih-Merah. Ini dengan catatan ketika mencari Edge Putih-Biru Anda tidak melakukan gerakan U/U'/U2

  • Lakukan hal yang sama untuk menyelesaikan Edge Putih-Orange dan Putih-Hijau. Kalau Anda sudah meletakkan keempat Edge tersebut pada tempat yang tepat maka Anda sudah menyelesaikan Langkah Pertama dalam menyelesaikan rubik 3x3x3. SELAMAT!!!



Cara Lain Membuat Cross

Selain cara di atas ada cara lain membuat Cross. Berbeda dengan cara di atas yang menaruh Center Putih di sisi atas, cara yang ini justru menempatkan Center Putih di sisi bawah. Sedangkan di sisi atas adalah Center Kuning. Menempatkan Center Kuning di sisi atas sejak tahap pertama membuat kita menyelesaikan rubik dengan posisi Center Kuning selalu di sisi atas mulai dari langkah pertama sampai dengan langkah ketujuh.

Ketika Anda sudah menguasai cara membuat Cross Putih dengan menempatkan Center Putih berada di sisi atas maka menggunakan cara ini akan dengan mudah dikuasai.langkah pertama menyelesaikan rubik 3x3x3

Yang perlu Anda lakukan adalah dengan menghadapkan semua Stiker Putih dari Edge Putih-Merah, Putih-Biru, Putih-Orange, dan Putih-Hijau ke arah atas, atau sejajar dengan Center Kuning. Ketika menghadapkan Stiker putih ke atas Ana tidak perlu merisaukan kecocokan stiker Merah, Biru, Orange, dan Hijau dengan Centernya masing-masing. hal tersebut bisa kita lakukan kemudian.

langkah pertama menyelesaikan rubik 3x3x3

F2


Setelah semua Stiker Putih menghadap ke atas, letakkan Center Merah di sisi depan (F) dan lakukanlah gerakan U/U'/U2 untuk menyesuaikan stiker Merah pada Edge Putih-Merah agar sesuai dengan Center Merah kemudian lakukanlah gerakan F2 agar stiker putih menghadap ke bawah.

Letakkan Center Biru di sisi depan dan lakukanlah gerakan U/U'/U2 untuk menyeseaikan stiker Biru pada Edge Putih-Biru agar sesuai dengan Center Biru. Setelah sesuai maka lakukanlah gerakan F2. langkah pertama menyelesaikan rubik 3x3x3

Lakukanlah hal yang sama pada stiker Orange dan Hijau sehingga stiker putih pada Edge Putih semuanya menghadap ke bawah, sejajar dengan Center Putih. Dan SELAMAT!!!

Sumber:
- Wicaksono Adi, Tip dan Trik Jago Main Rubik, Gradien Mediatama, Yogyakarta
- http://www.youcandothecube.com

Artikel Terkait:

Masukkan Email Untuk Berlangganan

11 komentar:

Rokok Elektrik said...

alo saya ingin ajak tukeran link.link kamu sudah saya pasang di web saya.pasang link saya juga ya
nama : rokok elektrik
link : http://rokok-elektrikmurah.blogspot.com

terimakasih

translation services said...

Different from the above that put the White Center on the upper side, the way that this would put the White Center on the underside. While on the upper side is Centers Yellow. Placing Center Yellow at the top since the first stage we solve rubik create with Yellow Center position is always on the top side from the first step up to the seventh step.

windo said...

wah thx ya sebelumnya sy nggk bisa2 tuch main kubus

MULTIMEDIA SMKN 4 SEMARANG said...

wah keren - keren... bahas tentang rubik.. kapan - kapan bahas tentang multiple blindfolded ya... saya masih bingung dengan teknik memorisasinya.... hehehe... Salam dari komunitas multimedia....

lina@happy family said...

Wah, saya bisa belajar rubik di sini :)

Yohan Wibisono said...

Nice Article, inspiring. Aku juga suka nulis artikel bidang Bisnis dan Kesehatan di blogku : http://www.indonetwork.co.id/ptmsinet, silahkan kunjungi, mudah-mudahan bermanfaat. thx

anek said...

aduh aku kurang mengerti yang beginian, pusing

Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Brown said...

Different from the above that put the White Center on the upper side, the way that this would put the White Center on the underside. While on the upper side is Centers Yellow. Placing Center Yellow at the top since the first stage we solve rubik create with Yellow Center position is always on the top side from the first step up to the seventh step.

Free Poker Money

Anonymous said...

thanks infonya
numpang link juga ah. he...he..
blo69ratis.blogspot.com

johnpoll said...

This is great information about the architect.This is great example of 3D and 2D.I like your post.


gotomeeting promo code 2011

Post a Comment

Berikan Komentar Anda! Saya Akan Sangat Senang Bila Anda Melakukannya. Tapi Ingat!!! Komentar Yang Membangun ya?. Trims.