Monday, June 13, 2011

Ganti Domain Blog dengan Dot TK

Beberapa saat yang lalu ketika sedang sibuk mencari tutorial untuk kepentingan edit-mengedit blog salah seorang teman, saya nyasar ke salah satu blog yang cukup keren. Dan lebih penting, selain mendapatkan tutorial yang dicari, saya juga mendapatkan tentang domain gratis. Domain gratis tersebut juga cuku keren, karena pendek dan merupakan Top Level Domain (TLD). Domain tersebut adalah DOT.TK.

Untuk langsung aja kita kunjungi alamt dot.tk. Setelah itu cobalah untuk mendaftarkan domain yang Anda inginkan. Kalau domain yang Anda daftarkan tersedia maka akan ada dua pilihan, Anda memilih domain berbayar atau menginingkan domain gratis. Pilih yang gratis aja.


Tahap selanjutnya adalah memilih DNS domain. Klik Use DNS for this Domain ==> Use my own DNS Services. Isi dua kolom yang tersedia dengan "ghs.google.com" (tanpa tanda petik). Masukkan email Anda. email ini nantinya dipakai sebagai email untuk log ini. Di bawah kolom email akan tampak huruf-huruf. Ketikkan hruf-huruf tersebut de kolom yang ada di bawahnya. Setelah itu klik next.

Setelah itu Anda diminta untuk mendaftarkan nama atau ID, dan juga password. Setelah itu klik next.

Akan ada email konfirmasi ke email yang tadi Anda masukkan. Selama menunggu email downloadlah Terms and Conditions of Dot TK Free domain yang ada di nomor tiga.

Masuklah ke email Anda. Kalau tidak ada email dari Dot.tk di inbox, maka periksalah di Spam. Barangkali email dari dot.tk nyasar ke sana. Kopi kode konfirmasi yang ada. Kode ini bukanlah password dan hanya digunakan untuk konfirmasi. Klik link kofirmasi yang ada. Akan ada kolom untuk memasukkan kode konfirmasi tadi. Klik Confirm.

Sampai di sini pendaftaran domain dot.tk sudah selesai. Anda sekarang bisa masuk ke dot.tk dengan email dan password Anda. Ini Diperlukan untuk mensetting DNS Domain.

Setting DNS Domain Dot.tk

Setelah log ini ke dot.tk Klik My Domain ==> list my domains ==> modify. Di Configure pilih Use Dot TK DNS service ==> Klik configure.

Akan tampak tiga kolom isian. Pertama, Type: pilih CNAME. Kedua, Host name: isi dengan domain Anda dengan menggunakan www, contohnya www.domainku.tk. Isilah IP Adress dengan "ghs.google.com" (tanpa tanda petik). Setelah klik add another hostname.

Untuk kali ini isilah Type dengan pilihan A, sedangkan untuk Host name isi dengan domain Anda tanpa menggunakan www, contohnya domainku.tk. Isi UP Adress dengan 216.239.32.21 dan setelah klik lagi add another hostname sampai tiga kali. Ketiga host name tambahan ini menggunkana Type A dan Host name tanpa wwww. Sedangkan untuk IP Adress harus berbeda-beda. Urutannya adalah sebagai berikut:

  • 216.239.34.21

  • 216.239.36.21

  • 216.239.38.21



jadi nantinya akan ada lima host name, yang satu dengan type CNAME, dengan yang empat dengan type A. Setelah itu klik next.

Membutuhkan waktu sekitar 30 menit agar Setting yang kita lakukan terdeteksi dan aktif. Untuk mengetahuinya Anda bisa mengeceknya di http://network-tools.com. Pilih DNS Record (Advanced Tool), Ketik alamat domain Anda (tidak usah pakai www), Setelah itu klik Go. Kalau setting domain Anda sudah berhasil dan aktif maka sekarang masuklah ke blog yang ingin diganti domainnya.

Klik Pengaturan ==> Publikasikan ==> Domain ubahsesuaikan ==> Beralih ke pengaturan lanjut. Isikan domain dot.tk anda dengan menggunakan www, seperti www.domainku.tk. Masukkan huruf verifikasi, dan klik Simpan setelan. Centak kotak mengarahkan domainku.tk ke www.domainku.tk. Tulis huruf-huruf verifikasi dan setelah klik Simpan setelan.

Lihat blog Anda.



Artikel Terkait:

Masukkan Email Untuk Berlangganan

15 komentar:

Wibisono said...

Wah , boleh nih ane coba ^^
semoga tidak mengecewakan ^^

salam sukses ^^

JAFAR said...

Mantap gan, blogger pemula kayak ane tambah semangat nich

Tech Tips said...

nice share
supaya nama blog jd terkesan praktis... hehe

id-yansoft said...

akan tetapi harus hati2 sob gratis belum tentu aman :)

soooooour said...

macam best...

blackclouds said...

artikel menarik gan....o'iya gan judulnya kayaknya sedikit aneh DOAMIN bukan "DOMAIN"..makasih dah mampir gan!!!

Imt said...

Makasih atas komentarnya. @blacklouds: makasih telah ngingetin kesalahan di penulisan judul posting

mascayo said...

selintas gak terlalu rumit,
kapan-kapan boleh dicoba buat blogspot ku :)

Humanitarian Grant Program said...

Nice info...dan sepertinya sangat membantu, kalo bisa sekalian berbagi informasi dong, tentang bagaimana agar blog kita bisa dapat domain dengan dot org, dot com, dot net...krna saya pernah dengar yang seperti itu, dan apakah itu benar?? mohon infonya mas..

les privat GP said...

Lebih nyaman ga kalo dibandingkan dengan blogspot.com?

Ucheng said...

wahhh, bisa2 bakal populer ne blogger yg pake domain dot teka .. hihii

keep blogging bang :D

dika said...

ane udah nyoba gan..mantab..tapi gimana redirect nya y dari blogspot.com nya..kalo saya setting ubag domain malah g bisa ddibuka..tapi klo sama settingan standart di blog nya malah bisa di akses lewat 2 alamat..info nya lagi gan

ACTION said...

blog ini kapan mau diganti??

ersa hardian said...

saya suka dengan apa yang anda postingkan..
Obat Penghilang Tatto
Obat Penghapus Tatto
Obat Pembersih Tatto
Obat Tatto
Penghilang Tatto Permanen
Cara Menghilangkan Tatto
Obat Penghilang Tatto
Obat Penghapus Tatto
Obat Pembersih Tatto
Obat Tatto
Penghilang Tatto Permanen
Cara Menghilangkan Tatto

frencky chen said...

wah muanjur, makasih om..
kalo ada waktu main ke blog ane.
http://www.frenckys.tk
http://www.frencky-ssh.tk
http://www.fr-ssh.tk

Post a Comment

Berikan Komentar Anda! Saya Akan Sangat Senang Bila Anda Melakukannya. Tapi Ingat!!! Komentar Yang Membangun ya?. Trims.