Monday, November 16, 2009

Kerja Keras Adalah Energi Kita

Kerja Keras Adalah Energi Kita merupakan sloga baru dari Perusahaan PT. Pertamina (Persero). Slogan ini tentunya sudah Anda ketahui. Ini karena sloga tersebut bisa dilihat dan didengar dalam iklan yang ditayangkan oleh televisi nasional akhir-akhir ini. Kenapa Pertamina perlu mengiklankan diri di televisi? Inilah hal yang perlu kita bahas, selain tentunya slogan di atas.


Perusahaan Pertambangan Minyak dan gas Bumi Negara atau yang lebih kita kenal dengan Pertamina berubah bentuk menjadi PT. Pertamina (Persero) sejak tanggal 17 September 2003. Tepatnya adalah Badan Usaha Milik Negara yang telah berubah bentuk menjadi PT. Persero yang bergerak di bidang energi, petrokimia dan usaha lain yang menunjang bisnis Pertamina, baik di dalam maupun di luar negeri yang berorientasi pada mekanisme pasar.

Perubahan ini tidak lepas dari keluarnya Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2001 tentang Minyak Dan Gas Bumi. Hal ini telah membuat Pertamina yang sebelumnya bertindak sebagai REGULATOR menjadi PLAYER. Sebagai player atau pemain di bidang energi dan petrokimia pertamina harus bersaing dengan perusahaan-perusaan lainnya, terutama dengan perusahaan-perusahaan internasional.

Ini menuntut Pertamina untuk melakukan perubahan dalam banyak hal. Sebab kalau tidak, maka Pertamina bisa menjadi tamu di negeri sendiri. Ia akan kalah bersaing dengan perusahaan-perusahaan internasianal yang besar. Bahkan, lama-lama ia bisa bubar.



Kesuksesan Pelumas Pertamina
Tapi nampaknya kita tidak perlu terlalu cemas dengan masa depan Pertamina. Ini karena Pertamina telah berhasil melakukan perubaha-perubahan. Perubahan tersebut mulai dari perubahan paradigma manajemen dan sumberdaya manusia, perubahan kegiatan usaha di sektor hulu sebagai penghasil pendapatan utama perusahaan, perubahan kegiatan usaha di sektor hilir sebagai ujung tombak perusahaan dalam interaksi dengan konsumen, sampai dengan restrukturisasi korporat, baik itu keuangan, SDM, hukum, IT, dan administrasi umum, termasuk penanganan Asset (lihat Profil pertamina di pertamina.com).

Hal lain yang patut dibanggakan, sebagaimana diwartakan oleh Sinar Harapan, bahwa pertamina tetap merajai pasar pelumas dalam negeri. Produk pelumas dari Pertamina seperti PrimaXP, Meditran SX, atau 2T Enviro, Fastron, adalah produk-produk berkualitas yang tidak kalah bersaing dengan produk impor. Dan yang penting, harganya jelas lebih murah.

bahkan, Prima XP telah enam kali mendaptakan Indonesian Customer Satisfactions Award (ICSA) untuk kategori Minyak Pelumas Mobil. Dan tiga kali mendapatkan gelar Top Brand Award untuk kategori Pelumas mobil.













Harapan Kepada Pertamina
Kesukesan yang telah diraih tentunya membuat kita merasa bangga. Tapi perjalanan menjadi perusahaan yang mampu bersaing dengan perusahan-perusahaan internasional tentunya masih panjang. Tanggal 10 Desember nanti Pertamina akan berulang tahun yang ke-52. Semoga ini bisa dijadikan momentum untuk terus meningkatkan diri.

Salah satu hal yang perlu dilakukana adalah mewujudkan komitmen untuk melaksanakan praktik-praktik Good Corporate Governance atau tata kelola perusahaan yang baik.

Dan yang terakhir, Kerja keras merupakan energi kita untuk mewujudkan apa yang kita cita-citakan. Good Luck Pertamina!!!

Artikel Terkait:

Masukkan Email Untuk Berlangganan

14 komentar:

Muchlisin said...

Kerta keras memang energi kita. Selamat ikut kontes, semoga sukses!

Tebinfea said...

Hello friends.
Good day to you.
Teb.

heru said...

semoga menang kontesnya sobat, sukses selalu buat anda

cash flow said...

benar. kerja keraslah.. karena kelezatan hidup ada dalam kerja keras http://www.hustleandcashflow.com/

MOVIE FAN said...

Thanks for your visit

Krishna said...

Hi from India. Thanks for your kind visit.

Celebrities said...

kunjungan rutin sahabatku!, sebagai tambahan, sy punya pr cuma 3, saya sudah follow, mohon follow balek ya, dan bolehkah saya tukar linknya!?, jika boleh mohon infokan saya.. terima kasih sebelumnya sahabatku, semoga sukses selalu bersama keluarga disana!

Johnny Ong said...

hopefully pertamina will succeed and it will bring more economical returns to bless indonesia in the future

energyboostersblog said...

nice blog visit mt blog also hope u like it bye ......take care

gleenn said...

hi, thanks for visiting. was here back. have a great thursday ;)

Lembaga Pelatihan - Kerja Keras adalah Energi Kita said...

Artikel yang sangat menarik... !! untuk bisa berkembang dan maju maka Pertamuna harus mau belajar dan bechmarking... dan yang terpenting adalah transparant....Peace.

Celebrities said...

ya sudah saya link balek, terima kasih sahabatku, semoga anda bersama keluarga sehat dan sukses selalu..

University of Metaphysical Sciences said...

Membawa saya waktu untuk membaca semua komentar, tapi aku menikmati artikel.

Belly Surya Candra Orsa said...

Great Blog..!!!! Keep Blogging.... :)

Post a Comment

Berikan Komentar Anda! Saya Akan Sangat Senang Bila Anda Melakukannya. Tapi Ingat!!! Komentar Yang Membangun ya?. Trims.