Saturday, December 5, 2009

Corporate Social Responsibility (CSR) Pendidikan Pertamina

Ketika pertama kali mengetahui kalau Pertamina mengadakan kontes blog dengan tema “Kerja Keras Adalah Energi Kita”, saya mencoba mencari bahan-bahan untuk membuat tulisan. Ketika membuka situs Pertamina, setelah melihat-lihat profil, saya melihat menu Corporate Social Responsibility. Ini karena fonemana yang cukup menarik, yaitu di saat sebuah perusahaan memperoleh keuntungan besar dan para shareholders-nya hidup serba berkecukupan, bahkan mewah, masyarakat yang berada di sekitar perusahaan justru hidup dalam jerat kemiskinan. Adanya CSR ataupun Community Development (ComDev), merupakan jalan keluar dari masalah tersebut.


PT Pertamina (Persero) sudah banyak dan cukup lama melaksanakan berbagai program CSR, seperti penghijauan, sumbangan-sumbangan kepada korban gempa, sumbangan kepada para penyandang cacat, dan dalam bentuk pendidikan. Tapi di sini saya cenderung melihat pada CSR pendidikan Pertamina. Karena pendidikan merupakan jalan yang cukup efektif untuk keluar dari kemiskinan, bahkan merupakan sarana yang jitu untuk memutus lingkaran setan kemiskinan.

Lingkaran setan kemiskinan bisa digambarkan sebagai ketika orang miskin, maka ia tidak mampu memberikan pendidikan yang layak buat anaknya. Anak yang tidak mendapatkan pendidikan yang layak, ketika besar nanti tidak cerdas dan kreatif. Orang yang tidak cerdas dan kreatif, serta tidak punya modal pula, maka ia akan miskin. Karena miskin, maka ketika punya anak nanti, ia tidak mampu memberikan pendidikan yang layak buat anaknya. Karena sang anak tidak mendapatkan pendidikan yang layak, maka ia tidak cerdas dan kreatif. Dan begitu terus. Maka hal ini telah menjadi lingkaran setan kemiskinan.

CSR dalam bidang pendidikan memiliki tema "Cerdas bersama Pertamina". Program ini memiliki 2 pilar utama, yaitu Peningkatan mutu dan akses Pendidikan.

Adapun kegiatan-kegiatannya adalah sebagai berikut:

Pembangunan/Rehabilitasi Sekolah dan Universitas

Pertamina telah berkontribusi lewat pembangunan dan rehabilitasi sarana pendidikan dari tingkat SD hingga SLTA yang berada di sekitar kegiatan Pertamina maupun Perguruan Tinggi Negeri di seluruh Indonesia. Kegiatan ini merupakan suatu kerjasama yang dilakukan dengan institusi pendidikan maupun instansi pemerintah sebagai Strategic Partner dalam mengembangkan kegiatan CSR Pertamina. Bentuk peningkatan mutu yang dilakukan meliputi pembangunan auditorium, sarana olah raga beserta perlengkapannya, penyediaan sarana teknologi berupa komputer, renovasi perpustakaan, pembangunan Green House hingga renovasi 70 SD di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Makasar bekerja sama dengan KOSTRAD. Pada tahun 2008 bentuk kontribusi Pertamina telah dirasakan oleh perguruan tinggi seperti Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Universitas Diponegoro, Univesitas Sriwijaya, Institut Teknologi Surabaya, Universitas Brawijaya, Univeristas Andalas, Universitas Hasanudin, SMA Taruna Nusantara, SD Bendungan Hilir Jakarta, dan SMKN 1 Plered di Bantul. Salah satu strategic partner dalam melakukan kegiatan CSR saat ini

Beasiswa Pendidikan

Dalam meningkatkan akses pendidikan Pertamina juga telah memberikan beasiswa kepada lebih dari 2200 siswa kurang mampu dari tingkat SD sampai dengan SLTA dan lebih dari 100 mahasiswa Perguruan Tinggi. Selain pendidikan formal, Pertamina juga memberikan bantuan pendidikan ketrampilan kepada lebih dari 2000 orang anak-anak putus sekolah dan turut mendukung program Education for All (EFA) untuk pendidikan kepada tuna netra.

Taman Pintar Yogyakarta

Kegiatan dalam bidang pendidikan ini bertujuan untuk memberikan edukasi terhadap siswa-siswi SD hingga Pergururan Tinggi di wilayah Yogyakarta untuk mengenal lebih jauh Pertamina dilihat dari sisi ilmu pengetahuan dan teknologi,dalam program tersebut Pertamina menghadirkan maket kegiatan bisnis pertamina mulai dari hulu sampai ke hilir. Pada stand Pertamina tersebut juga terdapat alat peraga intraktif untuk siswa-siswi belajar lebih jauh mengenai teknologi perminyakan.

Olimpiade Sains Nasional (OSN)

Lewat kegiatan ini Pertamina mencoba hadir di tengah-tengah mahasiswa agar mereka dapat merasakan bahwa generasi muda merupakan tulang punggung bangsa. Kegiatan yang menguji kemampuan mahasiswa dalam bidang fisika, kima, matematika ini mendapatkan sambutan hangat oleh mahasiswa ditanah air, hal ini dapat dilihat dari jumlah peserta yang mencapai hampir 5000 mahasiswa di seluruh Indonesia.

Kegiatan-kegiatan yang yang telah dilakukan tentu sangat baik. Dan akan lebih baik lagi kalu itu mampu ditingkatkan dan betul-betul bisa berkelanjutan. Sehinggan ini sesuai dengan slogan Pertamina: Kerja Keras Adalah Energi Kita.

Artikel Terkait:

Masukkan Email Untuk Berlangganan

7 komentar:

ipangsan said...

comment PERTAMAAAXXX

Celebrities said...

kunjungan rutin sahabatku, postingan sangat menarik ya. blog saya pr3 boleh tukar link mas?, jika boleh mohon infokan saya, akan segara saya pasang, terima kasih sahabatku sebelumnya..

Program kasir said...

Postingan yang bagus..
Suses selalu..

Sewa Mobil Bali said...

thanks ya atas postingnya,,salam kenal,,

sewa mobil di bali said...

thanks to info....salam kenal,,,,

Sewa Mobil Bandung said...

kegiatan bakti sosial yng sangat bermanffat buat masyarakat, semoga kegiatan2 seperti ini bisa berjalan terus dan dapat menjadi contoh buat yang lainnya,,,

rental mobil di bandung said...

fostingannya bagus,, sukses selalu ya....!!!! salam,,,,,

Post a Comment

Berikan Komentar Anda! Saya Akan Sangat Senang Bila Anda Melakukannya. Tapi Ingat!!! Komentar Yang Membangun ya?. Trims.