Monday, November 8, 2010

Cara Menyelesaikan Rubik 3x3x3: Langkah Kedua

Setelah kita berhasil membuat Cross Putih, maka saatnya sekarang kita mempelajari Langkah Kedua dari Cara Menyelesaikan Rubik 3x3x3. Pada langkah ini tugas kita adalah Menyelesaikan Lapis Pertama. Kalau dalam membuat Cross kita harus meletakkan semua Edge Putih pada tempatnya, maka pada langkah ini kita harus menyelesaikan semua Corner Putih pada tempatnya. Untuk sekedar mengingatkan, bagian Corner terdiri dari tiga warna. Lihat kembali gambar yang menunjukkan tujuan dari langkah ini.
Menyelesaikan Rubik 2
Tujuan langkah kedua di apabila Center Putih berada di atas
Menyelesaikan Rubik 2
Tujuan langkah kedua di apabila Center Kuning berada di atas


Sekarang langsung saja kita jelaskan apa yang harus kita lakukan dalam langkah kedua ini.

Langkah Pertama menyelesaikan Rubik 3x3x3 atau pada fase Cross kita bisa menggunakan satu di antara dua cara. Pada langkah kedua ini kita juga memilih satu di antara dua cara. Cara pertama kita hanya dituntut untuk menguasai satu algoritma. Algoritma tersebut nantinya akan digunakan untuk menyelesaikan beberapa kasus berbeda. Kelemahan dari cara ini adalah kita kadang harus mengulang-ulang algoritma agar Corner Putih berada di tempatnya.

Cara kedua menuntut kita untuk menguasai lima algoritma. Kelima algoritma tersebut digunakan untuk menyelesaikan lima kasus yang berbeda. Kelebihan dari cara ini adalah kita tidak perlu mengulang-ulang algoritma agar Corner Putih berada pada posisinya. Terserah kepada Anda untuk memilih cara mana yang lebih Anda suka.

CARA PERTAMA

Letakkan Rubik Anda dengan posisi Center Putih berada di atas sedang Center Kuning berada di bawah. Carilah Corner putih yang berada di bawah, misalnya Corner Putih-Merah-Biru. Setelah Anda menemukannya, letakkan Corner Putih-Merah-Biru tepat berada di bawah posisinya yang seharusnya, yaitu di antara Edge Putih-Merah dan Edge Putih-Biru. Posisikan Posisi yang seharusnya tadi di Atas-Kanan-Depan Anda. Setelah itu lakukan algoritma R' D' (R D). Tanda kurung () tidak bermakna apa-apa, itu hanya untuk membagi algoritma menjadi beberapa bagian agar memudahkan kita dalam menguasai algoritma. Cari Corner Putih yang lain dan lakukan dengan cara ini.
Menyelesaikan Rubik 2
Seandainya Anda menemukan Corner Putih-Merah-Biru sudah ada pada tempatnya tapi stiker warna putihnya belum menghadap ke atas, maka Anda bisa langsung melakukan cara tadi.

CARA KEDUA

Pegang Rubik 3x3x3 Anda dengan posisi Center Kuning di atas dan Center Putih Di bawah. Setelah itu lakukanlah algoritma sebagaimana kasus yang Anda temukan. Di bawah ini adalah kasus-kasus dan lagoritma-algoritma yang harus Anda lakukan.

Menyelesaikan Rubik's 3x3x3
Apabila menemukan kasus di atas maka lakukanlah algoritam F' U' F
Menyelesaikan Rubik's 3x3x3
Kasus di atas bisa diselesaikan dengan algoritma (F' U' F) U (F' U' F). Tanda kurung () hanya untuk memudahkan dalam menghafal.
Menyelesaikan Rubik's 3x3x3
Selesaikan kasus di atas dengan algoritma R U R'
Menyelesaikan Rubik's 3x3x3
Kasus di atas diselesaikan dengan algoritma (R U R') U' (R U R')
Menyelesaikan Rubik's 3x3x3
Seleaikanlah kasus di atas dengan algoritma (R U2 R') U' (R U R')

Untuk menemukan kasus-kasus di atas mungkin anda perlu melakukan algoritma U atau U' atau U2.

Demikianlah langkah kedua dalam menyelesaikan Rubik's 3x3x3. Seringlah mengulangi, maka lambat laun Anda akan menguasai.

Artikel Terkait:

Masukkan Email Untuk Berlangganan

1 komentar:

Hitech said...

Wah...pantesan..ternyata emang ada rumusnya. Nice info and share!

Post a Comment

Berikan Komentar Anda! Saya Akan Sangat Senang Bila Anda Melakukannya. Tapi Ingat!!! Komentar Yang Membangun ya?. Trims.