Sunday, December 12, 2010

Cara Menyelesaikan Rubik 3x3x3: Langkah Kelima

Setelah membuat Cross Kuning kita akan membuat atap kuning. Di saat membuat Cross Kuning sebenarnya kita sedang mengorientasikan stiker kuning yang ada di Edge Kuning agar menghadap ke atas. Untuk membuat atap kuning kita mengorientasikan seluruh stiker kuning di Corner kuning agar menghadap ke atas. Setelah kita mengorientasikan Edge dan Corner maka bagian atas rubik akan berwarna kuning semua. Karena itulah langkah kelima cara menyelesaikan rubik 3x3x3 adalah "Membuat Atap Kuning".

Rubik
Gambar tujuan langkah ke-5


Ada beberapa kondisi di langkah ini. Tapi semua kondisi tersebut diselesaikan dengan algoritma yang sama, yaitu: R U R' U R U2 R'. Yang membedakan hanyalah bagaimana kita memposisikan rubik atau bagian atas dari rubik tersebut.

Kondisi-kondisi yang ditemui dalam langkah kelima dibagi dalam 3 kelompok, yaitu:

Tidak Ada Pojok yang Menghadap Ke Atas

Rubik

Ketika Anda menemui kondisi seperti yang ada pada gambar di atas, maka putarlah rubik atau lakukan gerakan U/U'/U2 sehingga TIDAK ADA STIKER KUNING yang berada di depan Anda. Setelah itu lakukanlah algoritma R U R' U R U2 R'.

Ada Dua Pojok yang Menghadap Ke Atas

RubikRubik

Ketika menemukan kondisi di mana selain Cross ada dua pojok kuning yang stikernya sudah menghadap ke atas, maka putarlah rubik atau lakukan gerakan U/U'/U2 sehingga ada stiker kuning di sebelah DEPAN-KIRI-ATAS. Setelah itu lakukanlah algoritma R U R' U R U2 R'.

Ada Satu Pojok yang Menghadap Ke Atas

Rubik

Selain Cross Kuning hanya ada satu pojok kuning yang stiker kuningnya menghadap ke atas. Stiker-stiker kuning dalam kondisi ini membentuk gambar ikan. Ketika menemukan kondisi ini putarlah rubik aatau lakukan gerakan U/U'/U2 sehingga pojok yang stiker kuningnya menghadap ke tas berada di ATAS-DEPAN-KIRI. Setelah itu lakukanlah algoritma R U R' U R U2 R'.

Untuk mengenal posisi rubik yang paling pas sebelum menerapkan lagoritma R U R' U R U2 R', kita perlu memperhatikan panah-panah yang ada pada gambar-gambar di atas.

Ketika kita mendapatkan kondisi PERTAMA dan KEDUA kemudian melakukan algoritma R U R' U R U2 R', sebenarnya kita berusaha untuk mendapatkan kondisi KETIGA. Dengan kata lain kita perlu mengulang algoritma beberapa kali, ketika kita mendapatkan kondisi pertama dan kedua.



Artikel Terkait:

Masukkan Email Untuk Berlangganan

3 komentar:

business mobile phone said...

makasih nih infonya, permainan rubik dikantor saya lagi rame banget.. mayan dapat ilmu disini

wedding packages said...

hmm, susah juga yah gan. ane coba pelan2 deh... moga aja ngerti

gogo2011 kobamusaji said...

dibookmark dulu deh, jika suatu saat perlu tips ini. thanks buat sharenya sobat.

Post a Comment

Berikan Komentar Anda! Saya Akan Sangat Senang Bila Anda Melakukannya. Tapi Ingat!!! Komentar Yang Membangun ya?. Trims.