Tuesday, March 29, 2011

Cara Menyelesaikan Rubik 3x3x3: Langkah Ketujuh

Langkah Ketujuh atau langkah Terakhir Cara Menyelsaikan Rubik 3x3x3 adalah Memperbaiki Edge Lapis Ketiga. Sebagaimana diketahui bahwa langkah kelima cara menyelesaikan rubik adalah membuat atap kuning. Ketika atap kuning sudah terselesaikan corner dan edge lapis terakhir bisa jadi masih belum ada pada tempatnya untuk itulah kita perlu perbaiki hal tersebut. Corner dan edge diperbaiki secara terpisah. Corner diperbaiki terlebih dahulu, dan itu dilakukan di langkah keenam. Setelah itu baru kemudian kita memperbaiki edge. Memperbaiki edge lapis ketiga adalah langkah terakhir cara menyelesaikan rubik 3x3x3. Maka kalau kita sudah melakukan hal tersebut rubik kita akan solved alias terselesaikan.


Kondisi Langkah ketujuhSebelum melanjutkan ke langkah terakhir harus dipastikan dulu bahwa kondisi rubik lapis pertama dan kedua sudah terselesaikan, bagian atas dari lapis ketiga sudah menghadap ke atas semua, dan corner lapis ketiga juga sudah berada pada posisinya yang tepat sehingga terlihat seperti gambar di samping kiri.

Perhatikan dengan seksama pola tertukarnya edge lapis ketiga. Ada empat kemungkinan kondisi tertukarnya edge yang bisa dikelompokkan menjadi dua, yaitu ketika belum ada satupun edge yang berada di posisinya dan ketika sudah ada satu edge yang sudah berada di posisinya. Ketika belum ada edge yang berada di posisinya kita langsung bisa memperbaikinya. Yang penting posisi warna Kuning harus berada di atas (U) dan warna putih berada di bawah (D). Sedangkan ketika suda ada satu edge yang menempati posisinya maka edge tersebut harus berada di posisi belakang (B).

Berikut adalah empat kondisi yang mungkin didapatkan:


  1. Edge harus ditukar searah jarum jam.Ditukar searah jarum jam
    Jika ditemukan kondisi edge yang tertukar searah jarum jam sebagaima yang terlihat dalam gambar maka lakukanlah algoritma F2 (U L R') F2 (L' R U) F2. Perhatikan dengan seksama pergerakan edge dan corner putih yang berpindah ke atas karena gerakan F2. Ketika kemudian kita melakukan gerakan U maka edge dan corner putih tadi berpindah ke atas-kiri. Ketika kita melakukan gerakan L edge dan corner putih tadi berpindah ke sisi depan-kiri. Lakukanlah gerakan R' maka edge dan corner kuning yang ada disebelah atas-kanan akan berpindah ke depan-kanan. Lakukanlah gerakan F2 maka edge dan corner putih yang ada di depan-kiri akan tertukar dengan edge dan corner kuning yang ada di depan-kanan. Gerakan L' akan memindah edge dan corner kuning yang ada di depan-kiri ke posisi atas-kiri. Sedangkan gerakan R akan memindah edge dan corner putih di depan-kana ke atas-kanan. Lakukan gerakan U makan edge dan corner putih akan berpindah ke atas-depan. Lakukanlah F2 maka rubik akan solved.

  2. Edge harus ditukar berlawanan dengan arah jarum jam.Berlawanan dengan arah jarum jam
    Jika ditemukan kondisi edge yang tertukar berlawanan dengan arah jarum jam sebagaimana terlihat dalam gambar maka lakukanlah algoritma F2 (U' L R') F2 (L' R U') F2. yang membedakan penyelesaian kondisi ini dengan kondisi satu adalah gerakan U dan U' saja. Kondisi satu menggunakan U, sedangkan kondisi dua menggunakan U'.

  3. Edge harus ditukar secara diagonal.Ditukar diagonal
    Ketika ditemukan kondisi edge yang tertukar secara diagonal maka lakukanlah algoritma kondisi satu atau algoritma kondisi dua. Maka akan didapati edge seperti pada kondisi satu atau kondisi dua. Setelah itu lakukakanlah algoritma sekali lagi sesuai dengan kondisi pertukaran edge yang didapatkan.

  4. Edge harus ditukar secara berseberangan.dikukar berseberangan
    Ketika ditemukan kondisi edge yang tertukar secara berseberangan maka lakukanlah algoritma kondisi satu atau algoritma kondisi dua. Maka akan didapati edge seperti pada kondisi satu atau kondisi dua. Setelah itu lakukakanlah algoritma sekali lagi sesuai dengan kondisi pertukaran edge yang anda dapatkan. Cara ini persis sebagaimana kalau ditemukan kondisi ketiga.

Tujuan langkah ketujuh
Setelah semua langkah telah dikuasai maka saya mengucapkan Selamat! Rubik yang dulu terkesan sulit sekarang sudah terselesaikan.

Dan Akhirnya selesai juga seri Cara Meyelesaikan Rubik 3x3x3. Semoga apa yang saya sampaikan mudah dipahami dan bermanfaat buat teman-teman semua. Mohon maaf kalau terjadi kesalahan, dan untuk itu mohon masukan dari teman-teman. Terima kasih.

Artikel Terkait:

Masukkan Email Untuk Berlangganan

6 komentar:

BeDa said...

Terima kasih tutorialnya. ternyata kalau tahu rahasianya jadi mudah ya

Salam ukhuwah

rezza hutama said...

keren blog n tutorialnya , membantu banget , nice blog, salam kenal yah
saya punya referensi aplikasi timer gratis for speedcuber ,klik rubiks tutorial indonesia thanks

shop shoe said...

coba dulu ah, yg ini lebih mudah sepertinya dari pada yg 6 balok

andry miko said...

thks bro buat trik nya...manstab...:) :)

diwiws said...

makasih sobat atas cara2nya yg cukup jelas. dah dicoba dan ternyata berhasil meskipun dengan tingkat stress yg lumayan dewa, wkwkwkkwkw....

ersa hardian said...

informasi yang anda berikan sangat membuat terinspirasi dan memotifasi kami. terimakasih atas pelajaran yang anda berikan.
vimax
obat vimax
obat pembesar alat vital
pembesar alat vital
obat pembesar penis
pembesar kelamin pria
obat pembesar zakar
cara membesarkan alat vital
obat pembesar alat vital
obat pembesar penis
pembesar alat vital
obat vimax
vimax
pembesar kelamin
pembesar zakar
cara memperbesar alat vital
vimax pembesar alat vital

Post a Comment

Berikan Komentar Anda! Saya Akan Sangat Senang Bila Anda Melakukannya. Tapi Ingat!!! Komentar Yang Membangun ya?. Trims.